Sedang dalam proses...

Webinar “Masa Depan Layanan Kesehatan Digital: Sinergi Antara Klinik, Dokter, dan TPA/ASO Asuransi”

PT Medlinx Asia Teknologi bekerjasama dengan Asosiasi Healthtech Indonesia (AHI) menyelenggarakan Webinar “Masa Depan Layanan Kesehatan Digital: Sinergi Antara Klinik, Dokter dan TPA/ASO Asuransi”. Kegiatan dilakukan pada Rabu, 30 Juli 2025, disiarkan secara langsung di Youtube AHI.

Marisa selaku AVP Business & Commercial dari PT Medlinx Asia Teknologi membahas secara lengkap mengenai Health Digital Ecosystem yang berjalan saat ini. Mulai dari pencatatan rekam medis secara digital menggunakan izidok yang merupakan sistem informasi manajemen layanan kesehatan. Kemudian layanan telekonsul melalui izihealth, dan klaim asuransi kesehatan menggunakan iziklaim.

Dalam webinar ini, Marisa juga menjelaskan bagaimana teknologi dalam dunia kesehatan membantu banyak sektor. Mulai dari dokter praktik, klinik, petugas rumah sakit, hingga asuransi kesehatan sudah banyak terbantu dengan adanya solusi digital. Medlinx adalah salah satu penyedia solusi digital untuk layanan kesehatan di Indonesia yang sudah berdiri sejak 2009.

Selanjutnya, dr. Ulfa Inten Waluyani turut menjadi pembicara dalam kegiatan webinar ini yang membawakan tentang Transformasi Digital dalam Layanan Kesehatan. Bagaimana pentingnya transformasi digital dan apa dampaknya bagi efektivitas pelayanan kesehatan.

Tren digitalisasi dalam layanan kesehatan yang saat ini banyak diaplikasikan adalah telemedisin, yaitu pelayanan kesehatan jarak jauh yang memungkinkan pasien mendapatkan layanan kesehatan melalui layanan telepon, sehingga memudahkan dalam melakukan konsultasi. Kemudian ada pula electronic medical record (EMR) untuk pencatatan rekam medis pasien secara digital.

dr. Ulfa menjelaskan juga mengenai tantangan implementasi solusi digital untuk layanan kesehatan. Karena saat ini masih banyak yang belum menyadari pentingnya solusi digital, dan ada pula yang belum memiliki fasilitas memadai untuk menggunakan sistem digital. Akan tetapi, ada banyak dampak positif yang didapatkan ketika layanan kesehatan beralih ke solusi digital.

Pemaparan materi terakhir disampaikan oleh Herri Wiryasa Putra selaku Assistant Manager Business, Contract, dan Sales di Jakarta Eye center. Materi yang disampaikan mengenai Third Party Administrator (TPA) & Provider. Herri menjelaskan peran dan fungsi TPA dalam kemudahan klaim asuransi, dengan sistem cashless.

Ada banyak manfaat yang didapatkan oleh rumah sakit maupun klinik sebagai provider dalam implementasi TPA. Hal tersebut dikarenakan kemudahan klaim asuransi yang dialami oleh peserta asuransi sebagai pasien akan meningkatkan utilitas pasien. Selain itu, dengan adanya TPA, branding klinik akan semakin baik di mata peserta asuransi.

Kegiatan webinar ini bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap peserta yang di antaranya tenaga kesehatan, petugas rumah sakit, dan klinik mengenai pentingnya digitalisasi layanan kesehatan yang memudahkan petugas, serta dapat memberikan pengalaman terbaik bagi pasien. Diharapkan kedepannya semakin banyak layanan kesehatan yang mengimplementasikan solusi digital untuk pelayanan yang lebih efektif, aman, dan efisien untuk masyarakat.

Kembali